Sudah tau gebyok jati belum ? Ini lho penjelasan nya

Mungkin beberapa orang di sana yang tidak tahu apa gebyok? Gebyok merupakan salah satu furnitur Jawa seperti partisi pembatas ruangan Jawa umumnya terbuat dari kayu jati.

Biasanya digunakan untuk melindungi ruang seperti ruang atau keluarga ruang tamu dengan kamar di rumah adat. Gebyok dapat diinstal sebagai pemanis di paviliun di satu sisi untuk sampai ke rumah adat.

Gebyok jati itu sendiri pada awalnya digunakan sebagai partisi Jawa rumah tradisional (rumah limasan / rumah kayu Jawa) biasanya digunakan sebagai penghalang untuk malam dingin dan panas terik matahari pada siang hari.

Gebyok ada tidak diukir atau polosan dan gebyok membuat ukiran dengan berbagai desain dan ornamen. Gebyok juga diukir detail, halus, memiliki ukiran di tingkat kesulitan tinggi, tiga dimensi, itu adalah dari gebyok sisi diukir.

Tapi pada dasarnya gebyok yang lebih baik dan asli tanpa ukiran Saya pribadi berpikir adalah artikel lebih indah dan minimalis kebanyakan gebyok ukir / ornamen ukiran dibuat baru (pre order) jarang gebyok lawasan / kuno telah mengukir ornamen, karena pada saat itu terkait dengan satatus sosial.

Kualitas kayu yang digunakan sebagai bahan baku dalam gebyok umum memang jenis kayu tahan cuaca, kayu yang sudah tua sehingga cenderung lebih kuat dan tahan lama untuk melayani sebagai hiasan indah menawan.

Gebyok benar-benar kuno / warisan biasanya terbuat dari kayu nangka / Nongko, Kayu Duwet, Kayu Laban, kayu Acacia, munggur Kayu dan sebagainya di karena di jati masa lalu belum memiliki pengambil tinggi seperti saat ini yang menilai kualitas kayu jati lebih sangat bagus.

Bahkan Rosewood sekali hanya sebagai kayu bakar tidak seperti saat ini justru item mangsa kapten furnitur yang akan dibuat dalam bahan produksi mebel dengan harga selangit.

Dengan semua keunikannya, sebagai partisi gebyok Jawa memiliki nilai estetika, nilai seni tinggi tidak akan ditemukan di tempat atau daerah lain kecuali di Jawa seperti di daerah istimewa Yogyakarta, Solo, Jepara dan Kudus.

Pada dasarnya servis gebyok sebagai partisi antara pembatas ruangan, juga dapat digunakan untuk pintu masuk rumah, ada juga tempat yang di pintu gerbang. Aplikasi gebyok tidak lagi unsur terlalu kaku dalam ukuran seperti di rumah-rumah tradisional Jawa.

Pada saat ini banyak pengrajin gebyok ukir gebyok dan dengan kuno / lawasan sehingga gebyok juga dapat disesuaikan dengan ukuran atau spesifik fungsi seperti pintu gebyok dengan ukuran yang diinginkan dapat dipesan.

ornamen gebyok dapat dipasangkan dengan furnitur kayu halus lain yang memiliki ornamen atau tidak. Sebuah meja kursi baik gaya klasik atau kontemporer atau kursi besar panjang lebar (bangku) terbuat dari kayu jati itu juga menambah suasana Jawa.

Juga dapat dikombinasikan dengan furnitur yang terbuat dari besi dengan elemen ukiran, ada banyak rumah-rumah modern juga berlaku penyegelan dengan unsur gebyok di interior modern adalah sah, fenomenal dan begitu kontras antara desain tradisional dan modern.

Leave a Reply