pasar Semawis Semarang nalatra.com

Pasar Semawis Semarang Heritage Tionghoa di Jawa Tengah

Saat anda menggunakan layanan travel jakarta ke semarang dari nalatra jangan lupa untuk datang dan singgah ke Daerah Pecinan di Semarang, tempat ini mengambil lokasi tak jauh dari Kota Lama, dan ada di bagian selatan Pasar Tradisionil Johar. Kawasan ini masih bagian dari Kelurahan Kranggan, Semarang tengah.

pasar Semawis Semarang nalatra.com

Permukiman ini sudah ada semenjak era ke-17, di mana merupakan sebuah lokasi yang diizinkan oleh pemerintahan hindia belanda untuk di tinggali orang orang Tionghoa. Adat Tionghoa di Pecinan Semarang ini masih kental hingga pemerintah setempa menjadikan salah satau heritage budaya bagi kota semarang

Teritori ini mempunyai watak yang cukup unik dengan dikuasai rumah toko dua lantai. Lantai pertama dipakai untuk ruang usaha sedang lantai ke-2 untuk rumah.

Pada periode pemerintah Presiden Gus Dur, searah dengan trend pasang rekreasi Asia Timur Raya, lahirlah persetujuan di antara pemerintahan Indonesia dan pemerintahan Cina untuk jadikan Indonesia selaku wilayah rekreasi. Adanya hal itu, pemerintahan Jawa tengah mengangkat Pecinan selaku teritori rekreasi.

Nuansa Cina makin berasa dengan kehadiran klenteng yang disebut tempat peribadatan untuk umat Tridharma (Konghucu, Tao, dan Budha). Ada beberapa klenteng yang terletak menyebar di teritori ini diantaranya Klenteng Tay Kak Sie, Klenteng Liong Hok Bio, Klenteng Siu Hok Bio, Klenteng Hoo Hok Bio, Klenteng Kong Tik Soe, Klenteng Tong Pek Bio, Klenteng Tek Hay Bio, Klenteng Wie Wie Kiong, Klenteng See Hoo Kiong, dan Klenteng Grajen.

Klenteng dengan ukuran paling besar ialah Klenteng Tay Kak Sie di Gang Lombok. Di tempat ini anda bisa menemukan arsitekur khas tionghoa

Untuk jadikan teritori Pecinan selaku tempat rekreasi, lahirlah Pasar Semawis yang berawal dari Imlek Semawis tahun 2004. Di pasar ini, ada bermacam kulineran ciri khas Cina seperti siomay, lontong cap go meh, bubur jamur, bermacam mie, bermacam masakan daging babi, dan bermacam steamboat.

Tidak cuman makanan ciri khas Cina, makanan lain ada dimulai dari bermacam seafood sampai kudapan manis seperti es puter, kue serabi, pisang plenet, es teler, dan sajian yang paling iconic yakni es udara. Ada juga kulineran jamu jun, bubur hangat kaya rempah, wedang ronde, dan wedang kacang tanah.

Makanan Nusantara seperti lontong opor, gudeg, dan nasi ayam bisa juga diketemukan di Pasar Semawis. Tidak tertinggal juga jajanan ciri khas Semarang seperti ja kwe, lunpia, moci, bolang-baling, dan onde-onde.

Antiknya kembali di Pasar Semawis ini ada masakan Tio Ciu yakni masakan ciri khas yang dari wilayah tepian Kanton dan Hokkian.

Pasar ini akan makin memikat jika didatangi waktu mendekati perayaan Imlek. Bermacam ornament seperti lampion akan menghias tempat ini.

Kesemarakan makin bertambah waktu diselenggarakan arak-arakan satu boneka memiliki ukuran besar di sejumlah gang. Pengunjung juga bisa nikmati atraksi kesenian seperti wayang potehi, barongsai, dan drama classic.

Pasar Semawis bisa didatangi waktu akhir pekan dan umumnya beberapa pedagang mulai jualan saat malam hari seputar jam 19.00 WIB sampai jam 24.00 WIB. Bermacam kulineran di pasar ini dapat dicicipi pada harga yang berteman. Bahkan juga ada yang harga cuman seribu rupiah.

Disamping itu, bila pengin nikmati kulineran dalam suatu kafe, bisa berkunjung YiSan Coffee Shop. Terletak masih tetap di seputar Pasar Semawis.

Untuk bisa ke Pasar Semawis silahkan naik public transport Trans Semarang dengan code C10, C6, dan C9. Sesudah stop di penghentian dekat Pecinan dapat meneruskan perjalanan dengan ojek online ke arah Pasar Semawis.

Leave a Reply