SD Terbaik di Bandung Timur dengan Metode Pendidikan Islam

Sekolah Dasar bukan hanya tempat untuk menuntut ilmu, tapi juga mengembangkan karakter yang nantinya akan memengaruhi bagaimana kepribadian kita di masa mendatang. Ajaran agama menjadi pondasi paling penting yang harus diberikan sedini mungkin. Itulah mengapa banyak orang tua memilih SD Islam di Bandung Timur untuk tempat belajar sang buah hati.

Salah satu sekolah Islam yang bisa dijadikan pilihan terbaik adalah SD Unggulan Al-Izzah di Kota Bandung. Karena berbasis Islam, sekolah ini menggunakan metode pendidikan Islam dalam setiap pembelajarannya. Untuk lebih memahami bagaimana metode pembelajaran yang diterapkan di SDU Al-Izzah ini, mari kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Metode Dialog dan Kisah Qur’ani

Metode pendidikan Islam yang digunakan adalah metode dialog dan kisah Qur’ani. Metode ini dilakukan dengan menyampaikan cerita atau kisah yang berada di Al-Qur’an, seperti kisah para nabi. Kisah ini juga bisa disampaikan dalam bentuk dialog agar lebih mudah untuk dipahami para anak didik SD Islam di Bandung Timur.

Metode Targhib dan Tarhib (Penghargaan dan Hukuman)

Metode pembelajaran lain yang tak kalah berpengaruh dalam mendidik para siswanya adalah metode targhib dan tarhib atau pemberian penghargaan dan hukuman. Penghargaan atau targhib akan diberikan pada anak didik yang berbuat baik, berprestasi dan membanggakan. Sedangkan, hukuman atau tarhib diberikan pada anak didik yang melanggar aturan sekolah.

Metode Ibroh (Merenung dan Berpikir)

Selanjutnya adalah metode ibroh atau merenung dan berpikir. Dalam belajar, tentu kita dituntut untuk berpikir dan merenung untuk lebih memahami materi yang sedang disampaikan. Apabila anak didik merasa kesulitan dalam memahami materi, maka akan diberikan waktu untuk merenungkan materi dan berpikir kritis agar pembelajaran SD Islam di Bandung Timur lebih efektif.

Metode Mauizhoh (Nasihat)

Sebagian anak usia Sekolah Dasar belum bisa memahami aturan atau ajaran Islam dengan baik sehingga wajar jika masih melakukan kesalahan. Dalam menghadapi kesalahan tersebut, tenaga pendidik akan memberikan nasihat dengan tutur kata yang halus dan mudah dipahami oleh usia anak sehingga nasihat yang diberikan bisa langsung diaplikasikan.

Metode Keteladanan

Setiap orang pasti memiliki sisi baik yang bisa dijadikan teladan, bahkan binatang atau benda pun bisa dijadikan teladan jika dipandang dari sisi positif. Metode keteladanan SD Islam di Bandung Timur ini memberikan gambaran yang lebih nyata pada sikap dan perilaku positif yang bisa dicontoh sehingga anak didik bisa lebih mudah memahaminya.

Metode Perumpamaan

Menjelaskan suatu materi atau teori terkadang sulit untuk dicerna anak usia Sekolah Dasar. Anak didik akan lebih mudah memahami penjelasan dengan metode perumpamaan atau asosiasi. Perumpamaan yang dipilih harus lebih dekat dengan kehidupan anak agar lebih mudah dipahami, misalnya tentang sekolah, mainan, keluarga atau lainnya.

Metode Praktik dan Perbuatan

Memberikan materi saja rasanya belum cukup untuk membiasakan diri anak didik agar menerapkan setiap ajaran Islam yang diberikan. Metode praktik dan perbuatan akan membuat siswa membiasakan diri dengan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengucapkan salam, membaca Al-Qur’an dan lain sebagainya.

Jika Anda sedang mencari Sekolah Dasar Islam berkualitas dengan tenaga pendidik berpengalaman, percayakan saja pada SD Unggulan Al-Izzah Kota Bandung. Sekolah ini memiliki fasilitas lengkap dan metode pembelajaran yang efektif untuk usia anak Sekolah Dasar. Untuk informasi lebih lengkap mengenai SD Islam di Bandung Timur, hubungi nomor (022)7803425 atau 089608887249.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *