budidaya ikan mujair di kolam beton

Budidaya Ikan Mujair Di Kolam Beton Dengan Mengikuti Cara Ini

Budidaya Ikan Mujair di Kolam Beton dengan Mudah, Ketika Anda ingin mencoba urusan ekonomi yang mempunyai keuntungan besar, cobalah budidaya ikan mujair di kolam beton.

Membuka urusan ekonomi budidaya ikan mujair di kolam beton dapat menghasilkan keuntungan yang relatif besar bahkan keuntungannya hampir sama dengan membudidayakan ikan gurame. Ikan mujair merupakan salah satu ikan yang hidup di air tawar dan sering dikonsumsi.

Cara Budidaya Ikan Mujair di Kolam Beton dengan Mudah – Jika Anda ingin mencoba urusan ekonomi yang mempunyai keuntungan besar, cobalah budidaya ikan mujair di bak beton.

Alasannya sebab bak beton daya tahannya lebih besar lengan berkuasa sehingga umur bak beton juga mampu lama dan memudahkan pemilik dalam melaksanakan perawatan.

Membuka urusan ekonomi budidaya ikan mujair dapat menghasilkan keuntungan yang relatif besar bahkan keuntungannya hampir sama dengan membudidayakan ikan gurame. Ikan mujair merupakan salah satu ikan yang hidup di air tawar dan sering dikonsumsi.

Selain makanan pokok, bisa juga menggunakan mesin giling sekam menjadi bekatulĀ  untuk pakan ternak yang bisa menjadi alternatif ternak anda. Untuk bisa diberikan ke ternak anda, sekam harus diubah menjadi bekatul. Penggilingan sekam menjadi bekatul ini dapat dilakukan dengan menggunakan mesin penggiling sekam.

Budidaya Ikan Mujair Di Kolam Beton Dengan Mengikuti Cara Dibawah Ini

budidaya ikan mujair di kolam beton

Budidaya Ikan Mujair Di Kolam Beton Beginilah Caranya

Mempersiapkan Kolam Beton Untuk Budidaya Ikan Mujair

Dengan kolam yang masih belum ada air, persiapan kolam untuk menumbuhkan makan alami dalam jumlah cukup, saluran pemasukan air dan saluran pengeluaran air yang berfungsi baik.

Setalah tanah diukur panjang serta lebarnya, yang memiliki kedalaman 150m. Lalu dikeringkan selama 2-3 hari jika musim panas. Dengan tujuan menghilangkan gas-gas beracun yang tersisa.

Saluran air kolam dapat diperoleh dari irigasi ataupun pompa air. Dan harus di pastikan pasokan air harus selalu ada keadaan baik, dengan musim hujan dan kemarau.

Dengan kemalir saluran air di dasar kolam yang berfungsi untuk memperlancar aliran air di dalam kolam untuk pengurasan, dengan pembuatan yang diagonal dari sudut kolam memiliki lebar kolam yang tergantung luas kolam.

Luas kolam yang dibuat 10 m2 lebar kemalir 40cm kedalaman 20cm. Pemupukan dalam kolam beton untuk menumbuhkan makanan alami seperti plankton memiliki dua cara :
– Pemupukan sebelum kolam digunakan menggunakan pupuk organik.
– Dengan Penambahan setelah pemeliharaan berjalan satu bulan ini adalah alternatif.

Pengapuran didasar kolam bertujuan untuk mempertahankan keasaman air, dan mencegah hama.

Baca Juga  Kontraktor studio podcast Jakarta

Pengisian air di kolam beton ini dengan air setinggi 50cm. Dengan ketinggian permukaan air pematang ini lalu dibiarkan selama 1 minggu supaya tumbuh plankton.

Penebaran Benih Ikan Mujair Di Kolam Beton

Benih mujair yang akan di tebar di kolam pembesaran dapat berasal dari pembenihan sendiri atau membeli di pasar benih ikan mujair setempat.
Jika pembelian benih di pasar, harus di perhatikan dengan pengangkutan dari tempat pembelian benih sampai di kolam yang sudah di buat. Dengan mengusahakan pagi atau sore hari.

Pemberian Pakan Ikan Mujair

Untuk satu bulan pertama setelah budidaya ikan nila di kolam beton benih di masukkan, sebaiknya diberikan pakan pelet yang agak lembut.

Bisa juga menggunakan bekatul untuk menjadi pakan sehari dengan dijadikan nya pakan pakan modern. Yang menggunakan mesin yang dapat mengubah sekam menjadi bekatul.

Panen Dari Hasil Budidaya Ikan Mujiar

Selama jangka waktu 5-6 bulan sejak penebaran benih, nia merah sudah dapat dipanen, dengan bobot sekitar 200-400 gram per ekor.


Pemanenan secara total dilakukan dengan cara menyurutkan air dengan membuka pintu saluran pengeluaran yang bisa dilakukan di sore hari sehingga pagi harinya air sudah habis.

Setelah air surut ikan-ikan bergerombol di sepanjang kemalir, dengan menggunakan serok ikan-ikan diambil dan ditampung di suatu tempat (ember atau bak lainnya) sampai habis

Dengan begitu artikel budidaya ikan mujair di kolam beton sudah bisa di terapkan untuk peternak yang akan memulai budidaya ikan di kolam beton. Selamat Mencoba !

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *