Lemper Abon Sapi Gurih Khas Yang Nikmat Dan Lezat

Lemper abon sapi adalah salah satu makanan tradisional yang populer di indonesia. makanan ini terbuat dari ketan yang biasanya di isi dengan abon atau cincangan daging dan di bungkus dengan daun pisang.

Lemper Abon Sapi

Lemper adalah salah satu jenis makanan tradisional yang khas dari daerah Kalimantan Barat. Lemper merupakan jajanan yang terbuat dari ketan yang biasanya diisi dengan abon ayam atau abon sapi yang kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Indonesia memiliki ragam kuliner tradisional yang khas.

Lemper ini sangat sering dijumpai pada acara-acara resmi seperti arisan, syukuran, dan acara pernikahan. Namun kini untuk menemuukan makanan ini sangatlah mudah, kalian tinggal cari di toko roti hingga pedagang di pasar juga ada.

Sekarang banyak orang yang memvariasikan lemper ke bentuknya yang bermacam-macam, isiannya yang berbeda-beda, dan sajian lemper yang unik. Proses pembuatan abon sapi ini memang mudah sekali dilakukan. Namun akan terasa lebih ringan jika pembuatan abon ini dibantu dengan peralatan yang handal. Seperti mesin suwir abon daging misalnya. Pengolahan abon memang selalu melewati penyuwiran daging yang sangat lama.

Proses penyuwiran daging akan terasa ringan dan mudah jika menggunakan mesin suwir abon daging ini. Prosesnya bisa dilakukan dengan cepat, mudah dan efektif. Dalam menyuwir daging sapi ini kalian tidak akan merasa kelelahan dan tidak membutuhkan waktu yang banyak. Mesin pembuat abon ini dihadirkan supaya mempermudah kalian untuk proses pembuatan abon daging.

Bahan utama lemper adalah beras ketan dan ayam cincang atau abon sebagai isi dalamnya, dan daun pisang sebagai pembungkusnya. Jika dimakan terasa gurih dan sedikit asin. Memang makanan ini sangatĀ  cocok untuk menjadi jajanan atau camilanĀ ringan.Mulai dari makanan tradisionalnya yang biasa dijual di pasaran.

Baca Juga  Kontraktor Renovasi Kantor di Jakarta Barat Professional

Lemper ini juga bisa di temukan di acara tertentu.Ketan di bungkus dengan daun pisang satu persatu dengan bentuk seperti bikin lontong. Nggak sampai disitu proses masih berlanjut dengan cara lemper di kukus sampai matang. Terus tinggal didinginkan.

Salah satu jajan tradisional Indonesia yang banyak diminati oleh masyarakat yaitu lemper. Banyak yang bisa kita lakukan untuk membuat lemper abon sapi ini. Bisa menggunakan pelapis crepe yang terbuat dari adonan tepung yang diberi bumbu dan telur lalu digoreng, yang sering dikenal dengan semar mendem.

Lemper abon sapi ini biasanya disajikan sebagai menu utama dan juga sering dipadukan dengan makanan lainnya. Yang membuat lemper ini memakan waktu ya lama yaitu ketika menanak ketannya. Lemper abon sapi ini sangatlah enak dan nikmat rasanya ketika dimakan saat masih hangat, untuk itu kalian harus membuatnya sendiri di rumah untuk dimakan bersama dengan keluarga tercinta.

Sajian ini biasanya selalu hadir pada acara-acara tertentu, misalkan pernikahan, arisan acara keluarga dan lain sebagainya. Jajanan ini sangat di gemari banyak masyarakat karena bukan hanya lezat tetapi mengenyangkan dan biasanya harga 1 lemper terbilang harga yang terjangkau, tapi dari pada beli di luaran sana mendingan buat sendiri dirumah lebih bersih dan untuk isian juga bisa sesuai selera. Daging ayam merupakan bahan isian yang digunakan. Dari pada penasaran kalian bisa menyimak bahan dan langkah pembuat lemper abon sapi sebagai berikut.

Bahan Lemper Abon Sapi :

  • 1 liter beras ketan
  • 1 lembar daun pandan
  • 350 ml santan kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, geprek
  • 1/4 sendok teh garam halus
  • Daun pisang
  • tusuk gigi potong 2 bagian

Isian :

  • Abon sapi secukupnya
Baca Juga  Prediksi Bola Napoli Vs Inter Milan Untuk Besok

Cara Membuat Adonan Lemper :

  1. Cuci bersih ketan, Dan rendam dengan air sekitar 5 jam. Tiriskan sampai ketan mengeluarkan uap dari wadah yang melalui ketan ketan tersebut, sekitar 20 menit, angkat, Dan masukkan ke dalam mangkuk.
  2. Masak santan, dan tambahkan serai, daun pandan, garam dan gula masak sampai mendidih.
  3. Masukkan santan kedalam wadah yang berisi ketan yang telah dikukus, aduk hingga rata sambil mencicipi rasanya.
  4. Diamkan selama 10 menit, biarkan santan meresap kedalam ketan.
  5. Ketan di kukus kembali sekitar 1 jam, Dan jangan lupa cek air yang akan di gunakan untuk mengkukus ketan sebelum dipakai.
  6. Siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan dan di pisahkan daru batang daunnya.
  7. Panggang sampai layu daun pisang, potong sesuai ukuran, lakukan sampai daun pisang habis, potong juga daun pisang yang ukurannya lebih kecil dari itu untuk pembungkus lemper bagian dalamnya (tanpa dipanggang).
  8. Cek ketan yang di kukus dengan di aduk-aduk hingga tingkat kematangannya sesuai,
  9. Setelah ketan yang di kukus matang kalian timbang adonan ketan yang suda di kukus tadi sekitar 60 gr, gunakan plastik, pipihkan dan beri abon sapi secukupnya, bentuk oval padat, bungkus dengan daun pisang kecil, bungkus lagi dengan daun pisang lebar yang sudah dipanggang tadi, gulung dan berilah tusuk gigi di ujungnya.

Cara Membuat :

  1. Ambil 2 sendok ketan yang sudah dibuat. Lalu pipihkan.
  2. Isi dengan menggunakan abon sapi. Lalu gulung.
  3. Bungkus ketan dengan menggunakan daun pisang layaknya lontong.
  4. Tusuk dengan lidi di ujung-ujungnya agar daun pisang yang membungkusnya tidak terlepas.
  5. Lakukan langkah yang sama sampai semua bahan-bahan habis.
  6. Setelah ketan selesai dibungkus semuanya, kalian bisa langsung menyiapkan alat untuk mengkukus lemper yang sudah dibungkus tadi.
  7. Kukus kembali ketan selama 10 sampai 15 menit. Jika sudah, bisa langsung mengangkat dan menghidangkannya.
  8. Lemper selesai dibuat, langsung bisa di makan dan di sajikan ketika dalam keadaan masih hangat agar terasa enak.
  9. Untuk menambah ke lezatannya kalian dapat memakannya dengan ditemani minuman manis seperti teh manis, kopi dan lain sebagainya.
Baca Juga  Kontraktor studio podcast Jakarta

Lemper abon sapi ini memanglah banyak variasinya yaitu dengan memakai pelapis krep dan juga yang memakai crepe yang dibuat dari tepung, bumbu, serta telur yang digoreng sama halnya membuat kulit resoles. Bahkan, ada juga yang berinovasi membuat arem-arem, sebagai resep variasi lemper lainnya. Soalnya, arem-arem bikinannya memakai nasi, nggak pakai ketan.

Bagaimana Resep lemper abon sapi memang sangat mudah di coba di rumah bukan. Yang mana pembuatannya bisa dilakukan dirumah. Dengan membuat lemper abon sapi ini kalian bisa dengan mudah mendapatkan hasil yang sempurna sesuai yang kalian inginkan.

Demikian artikel tentang lemper abon sapi yang saya buat ini dan juga kalian bisa mencobanya dan dipraktekkan dirumah. Semoga dengan adanya artikel ini kalian bisa belajar membuatnya dan semoga artikel ini bisa berguna dan membawa manfaat bagi kalain semua. Selamat mencoba lemper abon sapi yang aku tuliskan diatas dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *