Santan Kelapa Untuk Nutrisi Rambut

Santan Kelapa Untuk Nutrisi Rambut

Santan kelapa bisa memiliki manfaat yang baik untuk rambut, selain jadi bahan makanan ternyata santan kelapa untuk nutrisi rambut juga bisa loh. Simak dibawah ini!

Santan Kelapa Untuk Nutrisi Rambut

Rambut yang terlihat lurus dan tebal memang menjadi dambaan setiap wanita. Karena ingin mendapatkannya, banyak wanita yang rela merawat rambutnya dengan harga mahal. Padahal, masih banyak cara mudah dan alami dalam merawat rambut.

Di antara sekian banyak bahan alami yang bagus untuk merawat rambut, santan juga jadi andalan.

Biasanya pemanfaatan bagian dari buah kelapa ini hanya dijadikan bahan untuk makanan. Dan untuk sabutnya bisa dijadikan kerajinan seperti cocomesh jaring sabut kelapa, cocopot, cocosheet, cocopeat dan lain sebagainya. Untuk tempurungnya dijadikan mangkok, celengan dan lainnya.

Santan mengutip Healthline dan memberi kelembapan dan kekuatan pada rambut. Hebatnya, santan dapat mencegah kebotakan dan tumbuhnya uban.

Santan sendiri mengandung banyak nutrisi yang baik untuk rambut, di antaranya; Protein untuk memperkuat rambut, asam laurat sebagai bahan utama untuk memperkuat kutikula, antioksidan dan vitamin C, serta vitamin B yang menjaga rambut tetap sehat, kuat dan terhidrasi.

Tentunya diperlukan perawatan rutin untuk memanfaatkan manfaat tersebut. Setidaknya seminggu sekali atau dua kali dalam sebulan merawat rambut dengan santan.

Cara Merawat Rambut Dengan Santan

Menggunakan santan sebagai produk perawatan rambut sangatlah mudah. Peras kelapa parut dan angkat santannya. Usahakan untuk tidak menggunakan santan kemasan. Ini dilakukan sedemikian rupa sehingga perawatan rambut benar-benar alami.

Setelah membuat santan, oleskan ke kulit kepala hingga ujung rambut Anda. Setelah santan merata, kita diamkan selama 15 hingga 30 menit agar manfaat santan terserap dengan baik ke kulit kepala dan rambut.

Baca Juga  Mesin Pengurai Sabut Kelapa

Agar rambut lebih rileks, kita bisa melakukan pijat kepala sambil mengoleskan santan. Setelah itu, balut kepala Anda dengan handuk hangat. Jika kita hanya ingin mengoleskan santan tanpa sedikit rileks, tidak apa-apa juga.

Setelah mendiamkannya, bilas rambut Anda dengan sampo dan gunakan kondisioner. Keringkan rambut Anda secara alami tanpa menggunakan pengering rambut. Keringkan saja dengan handuk dan diamkan.

Saat rambut sudah benar-benar kering gunakan minyak rambut yang mengandung bahan alami seperti argan, zaitun, minyak kelapa, dll. Hal ini dilakukan agar rambut kita sehat dan lurus secara maksimal.

Manfaat Santan Kelapa Untuk Nutrisi Rambut

1. Memperbaiki Rambut Rusak

Jus kelapa parut ini diketahui efektif memperbaiki kondisi rambut rusak. Ternyata santan memiliki kandungan minyak dan memberi nutrisi yang tinggi sehingga akan memberikan kelembapan alami dari akar hingga ujung rambut Anda.

Anda bisa menggunakan santan untuk creambath. Oleskan santan kelapa pada kulit kepala anda dan pijatlah secara perlahan selama tiga hingga lima menit.

Diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian keramas rambut dengan air. Ini akan memulihkan ujung yang kering, rusak, rapuh dan bercabang serta meningkatkan kesehatan folikel rambut.

2. Kondisioner Alami

Betul, santan bisa berperan sebagai kondisioner alami. Kandungan minyak alami pada santan membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur. Setelah dicuci, oleskan santan ke rambut Anda untuk rambut yang lebih lembut. Jika rambut Anda menjadi kusut, Anda juga bisa meneteskan sedikit santan ke rambut Anda dan menyisirnya hingga tidak lagi kusut. Rambut akan terurai tanpa putus.

3. Atasi Ketombe

Ketombe dapat disebabkan oleh pengelupasan kulit kepala yang disebabkan oleh bakteri atau ketidakseimbangan pH. Santan bisa membuat kulit kepala terasa sejuk.

Baca Juga  Cara Mudah Untuk Nonton Anime Captain Tsubasa 2021

Dengan pH yang mendekati pH alami kulit kepala, santan dapat mengembalikan keseimbangan pH di kulit kepala yang telah terganggu oleh kontaminasi kimiawi pada produk perawatan rambut atau bakteri.

Untuk mengatasi ketombe, campur setengah gelas santan, segelas jus nanas, dan setengah gelas air kelapa. Gunakan campuran ini untuk mencuci rambut Anda setiap lima hari. Jangan lupa bilas dengan sampo setelah perawatan.

4. Menutrisi rambut

Santan juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut. Karena santan tinggi protein dan minyak atsiri. Kedua bahan tersebut dapat membantu membangun kulit kepala yang sehat.

Diketahui bahwa kulit kepala yang sehat dibutuhkan untuk menahan akar rambut agar tidak mudah rontok. Selain itu, protein dalam santan dapat melapisi batang rambut sehingga menjadi kuat.

Demikian ulasan mengenai Santan Kelapa Untuk Nutrisi Rambut yang bisa kalian jadikan referensi perawatan rambut. Selamat mencoba

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *