Mesin Pengurai Sabut Kelapa

Peluang bisnis sabut kelapa memang sangat besar sekali saat ini. Kegunaan serat sabut kelapa bisa menjadi peluang kalian untuk memuilai bisnis ini. Kali ini kita akan membahas mesin pengurai sabut kelapa. Yuk kita simak bersama!

Sabut Kelapa

Sabut kelapa adalah salah satu bagian kelapa yang mempunyai banyak manfaat untuk kegiatan sehari-hari. Mulai dari media tanam, kerajinan rumah tangga, matras, dan lain sebagainya.

Untuk mengolah sabut kelapa pun di butuhkan mesin khusus supaya dapat menjadi bahan yang mempunyai daya guna bagi masyarakat.

Adalah mesin pengurai sabut kelapa yang berperan penting dalam mengubah sabut kelapa yang mulanya belum layak pakai menjadi material yang bisa di manfaatkan dalam berbagai bidang.

Mesin ini pun terdiri dari beberapa jenis dan di gunakan sesuai dengan kebutuhan produsen atau konsumen.

Bagi Anda yang ingin menggunakan mesin sabut kelapa secara perorangan atau berkelompok, ada banyak perusahaan atau pihak yang menyediakan alat pengolah ini.

Namun sebelumnya, akan lebih baik kalau Anda mengenal terlebih dahulu jenis-jenis mesin sabut kelapa. Hal ini di maksudkan agar Anda tidak salah pilih dan malah membuang-buang uang karena salah membeli mesin yang sebenarnya tidak akan di gunakan. Sebab, fungsi dan manfaatnya saja sudah berbeda-beda.

Macam Dan Jenis Mesin Sabut Kelapa

Ada banyak jenis mesin sabut kelapa yang beredar di pasaran. Misalnya mesin pengupas sabut kelapa. Sesuai dengan namanya, mesin ini berfungsi untuk memisahkan bagian sabut dari batok kelapa. Alat ini akan membantu Anda yang kesulitan melepas sabut dari buah tersebut. Selanjutnya ada mesin pengurai sabut kelapa. Tugas utama dari mesin ini adalah untuk menguraikan sabut kelapa yang masih kasar jadi serat sabut kelapa (cocofiber). Selain itu, dari proses penguraian ini di hasilkan pula cocopeat atau serat sabut kelapa.

Baca Juga  Resep Membuat Abon Sapi Gurih Yang Nikmat Dan Terbaik

Jenis mesin berikutnya yang kerap di gunakan adalah mesin penyaring cocofiber. Sesuai namanya, mesin ini yang berfungsi untuk mengurangi kadar serat atau cocopeat dari sabut kelapa serta membersihkan sabut dari serbuk agar terlihat bersih sehingga layak di ekspor. Selanjutnya, ada mesin penyaring cocopeat yang berfungsi untuk menyaring cocopeat agar lebih bersih dan dapat di gunakan sebagai media tanam. Sebelumnya, cocopeat akan melewati proses pressing dengan memakai mesin pencetak khusus untuk membentuk cocopeat menjadi blok. Untuk menyaring cocopeat, di butuhkan ukuran penyaring yang jauh kebih lembut.

Manfaat Sabut Kelapa

Seperti yang telah di sebutkan, penggunaan mesin sabut kelapa akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin membuka bisnis. Sabut kelapa telah lama di pakai sebagai bahan utama sapu ijuk, media tanam, hingga pengeset kaki. Bukan hanya itu, material ini dapat di olah menjadi barang-barang yang tak pernah Anda pikirkan sebelumnya! Sebut saja matras sabut kelapa yang di gunakan untuk matras kesehatan. Matras ini mempunyai khasiat yang sangat bagus bagi Anda yang menderita sakit pinggang karena sifatnya yang lentur, tetapi tidak mudah tertekan. Matras sabut kelapa juga sering di pakai sebagai lapisan tambahan pada spring bed.

Fakta mengejutkan lainnya seputar sabut kelapa adalah bahan ini ternyata di manfaatkan dengan baik dalam dunia otomotif. Volkswagen, Mercedez Benz, Opel, hingga Porcshe memakai sabut kelapa sebagai bahan utama jok penumpang mobil yang mereka produksi. Hal tersebut di karenakan sabut kelapa relatif tahan lama, punya daya lentur sangat baik, tidak menimbulkan bau, dan bersifat bioderedability. Sabut kelapa juga di olah menjadi coir net, yakni sejenis tali besar yang memakai 3 ply dengan ketebalan mencapai 1,5 sampai 2 sentimeter. Coir net sering di gunakan dalam teknik pengerasan jalan.

Baca Juga  Santan Kelapa Untuk Nutrisi Rambut

Sabut kelapa ini juga masih bisa di olah mengguakan mesin pemintal tali sabut kelapa lho. Dan juga jangan minum terlalu banyak efek samping air kelapa juga bisa menimbulkan penyakit. Demikian Pembahasan Kali Ini. Sekian Terima Kasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *