Kandang Bebek Petelur

Jenis kandang untuk beternak unggas memang cukup banyak terutama ternak bebek hibrida petelur yang memiliki tiga jenis kandang bebek petelur yang sering digunakan, yaitu jenis kandang panggung, kandang litter dan kandang sistem baterai.

Pertumbuhan akan maksimal jika peternak memperhatikan faktor yang akan mempengaruhi produksi telur, selain dari jenis pakan yang berkualitas dan bentuk kandang juga akan mendukung produksi telur pada bebek petelur ini.

Jenis-jenis Kandang Bebek Petelur

Bebek petelur sendiri memiliki tiga jenis kandang dikelompokan menurut umur bebek tersebut, karena setiap umur bentuk kandang sangat berpengaruh untuk jenis bebek petelur ini dan berikut 3 jenis kandangnya yaitu:

Kandang Panggung

Penggunaan kandang panggung sendiri memang lebih efektif pada bebek petelur ini, karena memiliki bentuk seperti panggung membuat kotoran tersebut tidak akan bertumpuk seperti kandang dengan lantai tanah.

Kandang Litter

Kandang jenis biasanya digunakan peternak untuk bebek yang masih berusia 2 minggu yang lengkap dengan lampu-lampu penghangat, sehingga bebek tersebut akan terhindar dari predator dan membuatnya lebih aman.

Kandang Sistem Baterai

Pembuatan kandang model ini memang sengaja dibuat sekat-sekat yang untuk setiap petak akan berisi seekor bebek petelur, maka kandang akan dibuat sedikit miring agar telur yang baru keluar bisa langsung menuju kedalam tempat menampungan.

Itulah jenis-jenis kandang bebek yang bisa digunakan untuk bebek petelur ataupun bebek pedaging, nah untuk ukuran kandang bebek petelur ideal nya jika memelihara 50 ekor diusahakan kandang memiliki ukuran lebih luas agar bebek petelur bisa bergerak dengan leluasa.

Baca Juga  Cara Memasak Nasi Jagung Instan Yang Enak Dan Gurih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *